Skip to main content

Sejarah Kriket Di Dunia

Jejak PandaSelamat Datang Lagi Di Blog Ini
bandar ceme terpercaya
Asal mula permainan kriket masih belum sanggup dipastikan. Namun ada bukti yang mengarahkan bahwa selama masa Saxon atau Norman sebuah permainan menyerupai kriket dimainkan oleh belum dewasa yang tinggal di Weald, sebuah daerah hutan lebat di sebelah selatan Inggris. Permainan belum dewasa ini diyakini terus bertahan dan bermetamorfosis permainan yang dimainkan oleh orang cukup umur pada awal era ke-17. Tahun 1598, dalam sebuah catatan sejarah, tertulis sebuah permainan yang disebut dengan “creckett”.

Permainan kriket modern bermula dari Inggris. Kemudian diperkenalkan ke Amerika Utara pada era ke-17. Pertandingan kriket bertaraf internasional pertama kali dilaksanakan pada tahun 1844.



Cricket yakni permainan yang telah usang dikenal masyarakat dunia, khususnya negara-negara berlatar belakang sejarah yang mengadopsi budaya dan tradisi bangsa Inggris, menyerupai India, Pakistan, Australia, dan sebagainya. Esensi dasar dari olahraga ini yakni semangat dan keselarasan antara persaingan sehat dan kolaborasi tim yang solid dan kompak.

Olahraga Kriket pertamakali dimainkan sekitar era ke-16 di Hamspire, Inggris. Namun mengenai asal permintaan olahraga ini masih menjadi perdebatan, terdapat banyak spekulasi mengenai hal ini, diantaranya menyerupai spekulasi yang menyebutkan bahwa permainan kriket berasal dari sebuah permainan yang disebut creag. Permainan ini dulunya dimainkan oleh putera Edward I atau Edward Longshanks yang berjulukan Pangeran Edward.

Ada juga yang menyebutkan bahwa permainan kriket berasal dari sebuah olahraga yang disebut creckett. Olahraga yang diketahui dimainkan sekitar tahun 1598. Disamping spekulasi permainan yang menjadi cikal bakal kriket ini, barulah 2 era sehabis kemunculannya olahraga kriket mendapat perhatian dan dikembangkan oleh suatu forum olahraga di Inggris. Selanjutnya olahraga kriket ini diakui sebagai salah satu olahraga nasional di Inggris.

Dari Inggris, olahraga kriket ini lantas diperkenalkan ke negara-negara yang bergabung sebagai negara-negara persemakmuran Inggris dan ke negara-negara yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Khusunya di negara-negara persemakmuran, permainan kriket diperkenalkan oleh para tentara yang tinggal di pangkalan-pangkalan militer.

Negara-negara persemakmuran Inggris yang pertamakali mengenal kriket yakni Malaysia, Singapura, Pakistan, Sri Lanka, India, dan beberapa negara lainnya. Di Negara-negara tersebutlah Kriket populer.

Olahraga kriket mencapai masa keemasannya pada dua dekade sebelum perang dunia yang pertama. Masa-masa keemasan tersebut telah melahirkan pemain-pemain kriket andal yang diingat sampai sekarang menyerupai William Gilbert Grace dan Sir Donald George Bradman.

Beberapa puluh tahun sehabis kelahiran olahraga kriket, barulah di tahun 1909 dibuat dewan kriket internasional yang berjulukan International Cricket Council atau ICC. Saat ini ICC bermarkas di Dubai, Uni Emirat Arab dan beranggotakan 106 negara. Sepuluh negara yang bergabung dalam ICC merupakan anggota penuh yang terdiri dari Inggris, Australia, India, Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka, Zimbabwe, Afrika Selatan, New Zealand, dan Hindia Barat (West Indies). Sementara itu, 96 negara lainnya terdaftar sebagai anggota tidak penuh. ICC inilah yang mengatur ajang kejuaraan kriket internasional atau Cricket World Cup.


Sumber:

Comments

Popular posts from this blog

Teknik Dasar Karate Bagi Pemula

Jejak Panda Hallo Jumpa Lagi Kita Di Website Ini judi bandarq Dalam dunia Beladiri Karate dikenal tujuh teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap Karateka. Ketujuh teknik dasar tersebut meliputi: Kihon Kata Kumite Dachi Zuki Geri Uke Untuk lebih jelasnuya silahkan disimak penjelasannya di bawah ini 1. Kihon Kihon (基本:きほん, Kihon?) secara harfiah berarti dasar atau fondasi. Praktisi Karate harus menguasai Kihon dengan baik sebelum mempelajari Kata dan Kumite. Pelatihan Kihon dimulai dari mempelajari pukulan dan tendangan (sabuk putih) dan bantingan (sabuk coklat). Pada tahap dan atau Sabuk Hitam, siswa dianggap sudah menguasai seluruh kihon dengan baik. 2. Kata Kata (型:かた) secara harfiah berarti bentuk atau pola. Kata dalam karate tidak hanya merupakan latihan fisik atau aerobik biasa. Tapi juga mengandung pelajaran perihal prinsip bertarung. Gerakan-gerakan Kata juga banyak mengandung falsafah-falsafah hidup. Setiap Kata mempunyai ritme ge

Baling Selipar

Jejak Panda Selamat Datang Kembali Di Blog Kesayangan Anda bandar ceme Permainan   baling selipar   atau   susun selipar   merupakan sejenis   permainan tradisional kanak-kanak Malaysia . Ia sama menyerupai permainan   baling tin   cuma ditukar kepada   selipar . Tiga selipar dibutuhkan untuk permainan ini selipar disusun menegak dan dibaling untuk menjatuhkan. Ia sering dilihat menjadi aktiviti menghiburkan dikala berkumpul bersama rakan dan taulan. Permainan ini amat gampang kerana alatan yang dibutuhkan hanyalah   selipar   yang selalunya digunakan oleh masyarakat di Malaysia . Permainan tradisional ini juga boleh dilakukan di pelbagai majlis sukan rakyat. Cara permainan Permainan ini boleh dimainkan oleh sesiapa sama ada   kanak-kanak   lelaki   atau   perempuan . Permainan ini memerlukan selipar yang tidak terlalu keras atau tebal kerana hal ini boleh menimbulkan pemain boleh tercedera terkena balingan yang dibuat pihak lawan dam sebaliknya. Selipar ya

Bentuk Dan Ukuran Lapangan Kriket

Jejak Panda Kembali Lagi Bertemu Di Situs Kesayangan Anda situs bandar ceme Kriket dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 pemain di atas lapangan khusus (lihat gambar 1). Lapangan kriket biasanya berbentuk bulat atau oval. Batas luar area permainan ditandai dengan boundary (pembatas) yang sanggup berupa pagar, ujung tribun penonton, tali tambang, dan/atau garis di rumput; boundary sedapat mungkin ditandai sepanjang keseluruhan sisi lapangan. Gambar 1, Diagram lapangan kriket. Di tengah lapangan terdapat pitch (lihat gambar 2) berbentuk persegi panjang. Di tiap ujung pitch terdapat struktur target yang disebut wicket; jarak antar wicket yaitu 22 yard (20 m). Pitch yaitu permukaan rata selebar 3 meter, dengan rumput lebih pendek dari lapangan bab luar. Tiap wicket terdiri dari tiga stump, batang kayu sepanjang 28 inches (710 mm) yang ditancapkan ke tanah dalam posisi segaris, dan dua bail yang ditaruh di atas sela-sela stump. Gambar 2, Pitch Sesuai gambar